PELATIHAN PERUSAHAAN

PELATIHAN LOGISTICS MANAGEMENT DAN PPIC

PELATIHAN LOGISTICS MANAGEMENT DAN PPIC

PELATIHAN LOGISTICS MANAGEMENT DAN PPIC

Dinamika lingkungan industri serta persaingan yang semakin ketat telah mengubah sistem manajemen logistik yang dikenal selama ini. Perkembangan teknologi informasi telah banyak menyumbang tumbuhnya sistem Logistics Management. Saat ini semua fungsi manajemen logistik telah dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas internet dan intranet. Penggunaan web dalam supply chain telah menjadi trend di perusahaan industri manufaktur dan industri jasa terkemuka akhir-akhir ini.

Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain management (SCM) yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Hal ini juga terkait langsung dengan PPIC (Production, Planning and Inventory Control).

PPIC merupakan bidang pekerjaan yang bertanggungjawab untuk mempersiapkan proses produksi dari menyiapkan bahan baku hingga akhirnya diproduksi menjadi barang jadi. Staf PPIC memiliki tanggung jawab terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan proses dan pengendalian produksi secara menyeluruh, termasuk keterkaitannya dengan inventory dan warehousing. Salah satu fungsi utama dalam pengelolaan inventory adalah perencanaan kebutuhan material, yang bertujuan merencanakan jumlah dan kapan barang dibutuhkan pada tingkat biaya yang optimum dengan mempertimbangkan faktor pemakaian material dan lead time pengadaan/pemesanan barang. Bahan baku yang akan digunakan dalam produksi juga harus selalu tersedia dalam jenis dan jumlah yang memadai untuk berproduksi.

Inventory Control (Pengendalian Persediaan) akan mempengaruhi kelancaran jalannya produksi/operasi. Disamping itu, pengendalian persediaan merupakan salah satu masalah penting yang dihadapi perusahaan, mengingat pada kebanyakan perusahaan persediaan merupakan bagian besar yang tercantum dalam neraca perusahaan. Kebijaksanaan pengadaan bahan mentah/jasa merupakan bagian dari kepentingan beberapa manager dalam suatu perusahaan. Manajemen Inventory atau persediaan tidak hanya berhubungan dengan manajer pembelian dan keuangan saja, melainkan juga berhubungan dengan manajer produksi. Pengendalian persediaan yang efektif dapat memberikan sumbangan besar bagi keuntungan perusahaan.

Manajemen pergudangan (Warehousing Management) merupakan tindakan mengatur dan mengontrol seluruh elemen yang ada di gudang dan memastikan semuanya berjalan secara optimal. Ini melibatkan proses yang cukup banyak, mencakup mulai dari pengaturan tata letak gudang, pengontrolan stok barang, pemeliharaan gudang serta peralatannya, pengecekan barang yang masuk dan keluar, pengambilan, pengepakan, dan pengiriman/pendistribusian barang, hingga penggunaan sistem manajemen gudang otomatis. Manajemen pergudangan yang berjalan efektif akan berdampak jelas pada kualitas dan jumlah stok barang yang sesungguhnya tersedia di dalam gudang.

Mengingat besar dan pentingnya peranan dan fungsi PPIC dan Logistics Management dalam memaksimalkan operasi dan produksi, pelayanan, dan efisiensi usaha, serta terjadinya peningkatan kinerja dan pendapatan perusahaan, maka sudah sewajarnya jika kesemuanya ini dipahami dengan baik dan mendalam oleh para karyawan terkait.

Guna memberikan pemahaman yang komprehensif dimaksud, pilihan terbaiknya adalah mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan ini.

PELATIHAN LOGISTICS MANAGEMENT DAN PPIC

TUJUAN PELATIHAN:

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta agar mampu melaksanakan pekerjaan mengelola, mengarahkan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan seluruh perencanaan dan implementasi kebijakan dan strategi logistik, serta operasional gudang dan persediaan untuk menciptakan kinerja perusahaan yang efektif.

Disamping itu, melalui pelatihan ini para peserta diharapkan akan:

  1. Memahami konsep Logistics Management dan
  2. Memahami konsep dan implementasi Warehouse Management dan Inventory Control.
  3. Mampu menerapkan hasil pelatihan ini dan bekerjasama dengan bagian lainnya dalam kaitan dengan Logistics Management dan PPIC.

SASARAN PELATIHAN:

Para manajer, supervisor, dan staf bagian pembelian persediaan, pergudangan dan logistik, serta personil lainnya yang ingin meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya mengenai Logistics Management dan PPIC yang terkait dengan pengelolaan keluar masuk barang (material flow).

 METODE PELATIHAN:

Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :

  1. Secara Online Training, dilakukan :
  • Penyajian/penyampaian materi secara online training,
  • Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
  • Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case study & discussion.
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
  1. Secara Offline Training, dilakukan :
  • Penyajian/penyampaian materi di dalam kelas,
  • Dengan dukungan multimedia, gamessimulation/role-play,
  • Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case study & discussion.
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.

MATERI PELATIHAN:

  1. Pengantar Umum Supply Chain Management (SCM)
  • Pengertian Supply Chain Management (SCM) dan Manajemen Logistik
  • Tujuan dan Tugas Pengertian Supply Chain Management (SCM) dan Manajemen Logistik
  1. Redefinisi, evolusi dan peran logistik dalam dunia usaha
  • Fungsi & Manfaat Manajemen Logistik
  • Paradigma Baru Logistik
  • Peranan IT dlm Manajemen Logistik
  1. Supply Management and Relationship Management
  • Perkembangan terakhir konsep Supply Mangement
  • Mengukur Performansi Supply Management
  • Vendor selection technique
  • Negotiation technique
  • Supply integration and relationship management
  • Teknologi Informasi dan aplikasi sistem internet dalam Supply Management
  1. Perencanaan dan Manajemen Persediaan
  • Pentingnya Perencanaan
  • Dasar Manajemen Persediaan
  • Mengukur Performansi Sistem Persediaan
  • Prakiraan Kebututah Persediaan.
  • Economics Order Quantity (EOQ); Reorder Point & Safety stock material
  1. Studi Kasus/Simulasi & Games.
  1. Inventory Control techniques
  • Clarifikasi persediaan
  • Biaya persediaan
  • Sistem Pengendalian Persediaaan
  1. Konsep, pengertian, dan tujuan Warehouse Management
  • Fungsi-fungsi dalam manajemen pergudangan
  • Prinsip-prinsip penerimaan barang
  • Mengukur performansi manajemen pergudangan
  • Tantangan dalam warehouse management
  1. Implementasi warehouse management
  • 13 fokus sukses dalam mengelola gudang
  • Keterkaitan antara Goods Receiving, Storage & Picking, dan
  1. Manajemen Rak dalam Pergudangan
  2. Keterkaitan moda transportasi dan pergudangan
  3. Tips dan Trik Menjadikan Gudang ++
  4. Studi Kasus/Simulasi & Games

NARASUMBER / PEMATERI:

KANAIDI, SE., M.Si., cSAP

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan  narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “PELATIHAN LOGISTICS MANAGEMENT DAN PPIC” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

HP & WHATSAPP

 0812-6660-0643

TELEPON

 (021) 3454426

Jl. Tanah Abang II No.74A, RT.1/RW.5, Petojo Sel, Jakarta Pusat

EMAIL

 info@pskn.co.id

Tinggalkan Balasan