Bimbingan Teknis Key Performance Indicator (KPI)
Key Performance Indicator (KPI)
KPI (Key Performance Indicator) atau disebut juga Indikator Kinerja Utama adalah nilai terukur yang menunjukkan seberapa efektif organisasi mencapai tujuan bisnis utama. Indikator ini secara khusus membantu menentukan pencapaian strategis, keuangan, dan operasional perusahaan.
Menggunakan Key Performance Indicator sebagai alat bantu ukur kinerja tim sangat bermanfaat agar kita dapat mengetahui seberapa jauh usaha yang kita lakukan memberikan dampak bagi kemajuan bisnis.
KPI menjadi pengukuran kualitatif bagi performa yang diukur secara spesifik dengan batas waktu tertentu. KPI juga membantu tim untuk membuat target, membayangkan milestones, hingga memberi ruang bagi insight yang dapat membantu tim membuat keputusan secara lebih baik.
Key Performance Indicator dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, mulai dari tim finance, HR, marketing atau sales. Pada intinya, Key Performance Indicator membantu menjadi indikator bagi setiap area bisnis untuk bertumbuh bersama level strategis.
Pentingnya Key Performance Indicator (KPI)
KPI menjadi salah satu cara untuk Anda mengetahui secara valid, apakah tim Anda benar-benar mendukung goal atau tujuan perusahaan. Beberapa alasan penting mengapa Anda membutuhkan key performance indicator antara lain:
- Membuat tim Anda tetap align: Hal ini membantu Anda mengukur kesuksesan project maupun performa karyawan, KPI juga membuat tim bergerak bersama dalam satu tujuan.
- Melakukan health check: Key performance indicators memberi Anda gambaran realistis seperti apa gambaran kesehatan perusahaan Anda, mulai dari faktor risiko hingga indikator keuangan.
- Membuat penyesuaian: KPI membantu Anda menciptakan goal yang jelas. Termasuk bagi Anda untuk menentukan definsi ‘sukses’ atau ‘gagal’. Anda dapat mengevaluasi langkah mana yang efektif, mana yang tidak.
Jenis Key Performance Indicators
Key Performance Indicator dibedakan menjadi dua jenis, yaitu finansial dan non-finansial. Key Performance Indicator finansial mengukur keuangan perusahaan, seperti pendapatan dan margin keuntungan, di antaranya:
- Gross profit, mengukur laba kotor dari pendapatan yang dikurangi harga pokok penjualan.
- Net profit, mengukur laba bersih dari pendapatan yang dikurangi harga pokok penjualan dan biaya bisnis lainnya.
- Gross profit margin, mengukur persentase dari laba kotor dibagi pendapatan.
- Net profit margin, mengukur persentase dari laba bersih dibagi pendapatan.
- Current ratio, mengukur kinerja keuangan dengan membagi aktiva lancar dengan kewajiban lancar.
Key Performance Indicator non-finansial mengukur segala aspek yang tidak berhubungan langsung dengan keuangan perusahaan, seperti:
- Tingkat turnover karyawan
- Perbandingan pelanggan baru terhadap pelanggan lama
- Metrik kualitas layanan dan kepuasan pelanggan
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “Bimbingan Teknis Key Performance Indicator (KPI)” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: