PELATIHAN PERUSAHAAN, PELATIHAN PERUSAHAAN DAN INDUSTRI

Bimbingan Teknis Organizational Development

Bimbingan Teknis Organizational Development

Bimbingan Teknis Organizational Development

Organizational Development

Organizational Development (OD) merupakan suatu pendekatan sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas organisasi melalui perubahan dan pengembangan budaya, struktur, dan proses kerja yang ada di dalamnya.

Pentingnya organization development

Tujuan dilakukan pengembangan organisasi yaitu meningkatkan daya saing dan membuat perusahaan unggul dibanding kompetitor.

Alasan mengapa organization development diperlukan bagi sebuah perusahaan yakni OD berusaha memahami bagaimana memaksimalkan potensi dan kapasitas karyawan di dalam perusahaan.

OD berfokus meningkatkan kemampuan organisasi untuk menilai fungsinya di masa ini dan menyesuaikannya untuk mencapai tujuan masa depan.

Melansir Corporate Finance Institute, ada beberapa manfaat yang didapat apabila perusahaan menjalankan organizational development yakni:

  1. Menciptakan pola perbaikan yang konstan sehingga bisa digunakan untuk pengembangan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan komunikasi diantara semua pekerja perusahaan.
  3. Mendorong karyawan berpikir inovatif dan kreatif.
  4. Meningkatkan kualitas produk dan layanan.
  5. Berpotensi memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Terlebih di dunia VUCA, perusahaan dituntut untuk bisa beradaptasi dan bertindak cepat, supaya dapat bertahan. Nah, disinilah peran OD dibutuhkan.

Teknik organization development

Latihan Kepekaan (Sensitivity Training)

Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran individu terhadap dirinya sendiri, orang lain, dan situasi yang terjadi di sekitarnya. Teknik ini sering dilakukan dalam kelompok, di mana anggota kelompok diajak untuk mengungkapkan perasaan dan pengalaman pribadi mereka.

Pembentukan Tim (Team Building)

Melalui pembentukan tim bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan keterampilan interpersonal dalam sebuah tim. Teknik ini melibatkan berbagai aktivitas yang dirancang untuk membangun kepercayaan, memperkuat komunikasi, dan meningkatkan motivasi.

Survei Umpan Balik (Survey Feedback)

Survey Feedback digunakan untuk memperoleh umpan balik dari anggota organisasi atau pelanggan terkait kinerja organisasi atau produk. Informasi yang diperoleh dari survei ini digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi atau produk.

Transactional Analysis (TA)

Teknik transactional analysis digunakan untuk memahami dan meningkatkan komunikasi dan hubungan interpersonal antara individu. TA fokus pada pola transaksi interpersonal, termasuk analisis ego state, analisis skenario hidup, dan analisis transaksi dalam komunikasi.

Intergroup Activities

Teknik ini digunakan untuk meningkatkan kerja sama antara kelompok atau tim yang berbeda. Kegiatan yang dilakukan antara lain diskusi, permainan simulasi, dan kegiatan outbond.

Konsultasi Proses (Process Consultation)

Tujuan konsultasi proses adalah untuk membantu organisasi mengidentifikasi dan mengatasi masalah organisasi melalui konsultasi dengan konsultan ahli. Teknik ini fokus pada memperbaiki proses organisasi dan pengembangan keterampilan manajerial.

Third-party Peacemaking

Third-party Peacemaking digunakan untuk menyelesaikan konflik antara individu atau kelompok yang terjadi di organisasi. Teknik ini melibatkan pihak ketiga yang netral untuk membantu memediasi dan menyelesaikan konflik dengan cara yang adil dan memuaskan semua pihak yang terlibat.

Bimbingan Teknis Organizational Development

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan  narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “Bimbingan Teknis Organizational Development” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

HP & WHATSAPP

 0812-6660-0643

TELEPON

 (021) 3454426

Jl. Tanah Abang II No.74A, RT.1/RW.5, Petojo Sel, Jakarta Pusat

EMAIL

 info@pskn.co.id

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan