Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik
Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik
Setiap organisasi ingin mampu dan berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam konteks organisasi publik, keberhasilan pencapaian tujuan berarti keberhasilan menjalankan misi pemerintah dalam ikut serta menggerakkan roda perekonomian bangsa. Risiko-risiko yang menghambat dapat muncul dalam upaya pencapaian tujuan tersebut. Risiko dipahami sebagai suatu kejadian yang dapat terjadi dan bila terjadi mempunyai dampak merugikan. Risiko dapat berasal dari internal maupun eksternal organisasi.
Munculnya risiko akan mengganggu pencapaian tujuan organisasi, sehingga penerapan manajemen risiko merupakan hal yang mutlak untuk dapat mengantisipasi kemungkinan kejadian di masa yang akan datang. Identifikasi dan penilaian risiko secara tepat menghasilkan pengelolaan risiko yang tepat, demikian pula sebaliknya. Dalam perkembangan perekonomian, meningkatnya risiko merupakan suatu keniscayaan. Oleh karena itu, pengelolaan risiko yang tepat menjadi salah satu faktor penting keberhasilan pencapaian tujuan organisasi.
Tujuan Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan diharapkan mampu membangun dan menerapkan manajemen risiko di organisasinya masing-masing.
Materi Pelatihan
Materi yang dibahas dalam diklat ini meliputi:
- Konsepsi Manajemen Risiko
- Penetapan Konteks
- Identifikasi Risiko
- Analisis dan Evaluasi Risiko
- Penanganan/Perlakuan Risiko
- Monitoring dan Komunikasi Risiko
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: