PELATIHAN PERUSAHAAN

PELATIHAN CREDIT MANAGEMENT DAN RISK MANAGEMENT PERBANKAN

PELATIHAN CREDIT MANAGEMENT

PELATIHAN CREDIT MANAGEMENT DAN RISK MANAGEMENT PERBANKAN

Gelombang kemajuan teknologi informasi dan laju perkembangan dunia usaha di era Digital 4.0 ditandai dengan meningkatnya kegiatan ekonomi masyarakat yang mengakibatkan kebutuhan permodalan dari perbankan. Bank sebagai lembaga keuangan diharapkan dapat menghimpun dana dari masyarakat untuk dipergunakan sebagai sumber modal dalam pembiayaan pembangunan.

Indonesia sebagai negara yang sudah masuk semi-industri, juga tidak mau ketinggalan dengan menggalakkan kegiatan usaha di berbagai sektor dalam mengantisipasi perkembangan bisnis. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kemudahan-kemudahan kredit kepada sektor-sektor yang membutuhkan dengan tujuan untuk merangsang percepatan perkembangan usaha.

Perubahan yang ditimbulkan oleh adanya kemudahan tersebut di satu sisi memang akan mendatangkan peluang keuntungan bagi perbankan,  tetapi di sisi lain menjadikan persaingan antar bank menjadi lebih ketat. Terlebih dengan bermunculannya bisnis Financial Technology (Fintech) dan adanya digital vortex perbankan 4.0 saat ini. Untuk menjaga agar bank mampu dan atau bahkan memenangkan persaingan tersebut, maka dipandang perlu bagi perbankan untuk berusaha menciptakan dan memunculkan ide-ide inovatif atau program-program andalan yang bertujuan untuk menarik minat nasabah agar mau menyimpan dana sebanyak-banyaknya di bank mereka, yang kemudian digunakan untuk investasi dalam bentuk lain atau juga untuk memberikan pinjaman /pembiayaan kepada masyarakat.

Di dalam manajemen kredit, perbankan perlu mempertimbangkan berbagai hal, termasuk pertimbangan risiko yang akan terjadi, serta alternatif solusi yang harus dilakukan jika pada akhirnya nanti kredit tersebut menjadi bermasalah, sebagaimana diatur dalam berbagai ketentuan peraturan yang sudah ada dan acuan ISO 31000-2018.

Kesemuanya ini sudah sewajarnya untuk dipahami dengan baik dan mendalam oleh para karyawan terkait. Guna memberikan pemahaman yang komprehensif tersebut, pilihan terbaiknya adalah mengikuti pelatihan sebagaimana yang akan kami selenggarakan ini.

PELATIHAN CREDIT MANAGEMENT

TUJUAN PELATIHAN:
Setelah mengikuti Pelatihan ini  diharapkan para peserta memahami secara komprehensif tentang:

  • Prinsip Credit Management & Credit Analysis.
  • Konsep Manajamen Risiko secara umum (dikaitkan dengan ISO 31000) dan Risiko Kredit secara khusus.
  • Bagaimana perbankan mengelola Risiko Kredit (Kebijakan Risiko Kredit, Metodologi, Infrastruktur dan Proses).
  • Teknik penilaian dalam Analisis Kredit, serta
  • Mampu menerapkan hasil dari pelatihan ini di perbankan masing-masing peserta.

SASARAN PELATIHAN:

Pelatihan ini sangat cocok diikuti oleh:

  • Manager, Supervisor, dan Staff dari Department Keuangan, Accounting, Kredit, atau divisi lainnya yang berkaitan dengan Manajemen Perkreditan perbankan.
  • Manager, Supervisor, dan Staff dari Risk Management, GCG, atau divisi lainnya yang berkaitan dengan Manajemen Risiko kredit perbankan.
  • Praktisi atau professional lainnya yang menginginkan pengembangan dalam bidang Manajemen Perkreditan dan Manajemen Risiko.

METODE PELATIHAN:

Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :

  1. Secara Online Training, dilakukan :
  • Penyajian/penyampaian materi secara online training,
  • Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
  • Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case study & discussion.
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
  1. Secara Offline Training, dilakukan :
  • Penyajian/penyampaian materi di dalam ruangan/kelas,
  • Dengan dukungan multimedia, gamessimulation/role-play,
  • Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case study & discussion.
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.

MATERI PELATIHAN:

Materi bahasan dalam pelatihan  ini meliputi:

  1. Prinsip Credit Management & Credit Analysis
  • Pengertian Kredit
  • Unsur-unsur Kredit
  • Fungsi Kredit
  • Proses Pelayanan Kredit
  • Dasar-dasar Analisa Kredit
  • Tipe-tipe Kredit

      2. Persiapan Credit Analysis

  • Faktor-Faktor Analisis Kredit
  • Sumber dan Cara Memperoleh Informasi
  • Credit Feasibility Study
  • Prinsip Kehati-hatian (Prudential) dalam persetujuan kredit.

      3. Penilaian dalam Analisis Kredit

  • Siklus Proses Kredit
  • Dasar Hukum Analisis Kredit
  • Maksud & Tujuan Analisis Kredit
  • Prosedur Analisis Kredit
  • Aspek-Aspek Analisis Kredit

     4. Prinsip, Framework dan Proses Manajemen Risiko (ISO 31000-2018)

  • Pengertian Risiko dan Manajemen Risiko.
  • Pentingnya Manajemen Risiko.
  • Proses Manajemen Risiko.
  1. Identifikasi Risiko Kredit
  • Pengertian risiko kredit
  • Pertimbangan Resiko Kualitatif 6Cs (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition, Constraint)
  • Pertimbangan Resiko 5Ps (Party, Purpose, Payment, Profitability, Protection)
  • Analisis Risiko 3Rs (Return, Repayment Capacity, Risk bearing ability).

     6. Studi kasus / Simulasi / Role Play & Games

NARASUMBER / PEMATERI:

KANAIDI, SE., M.Si., cSAP

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan  narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “PELATIHAN CREDIT MANAGEMENT DAN RISK MANAGEMENT PERBANKAN” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

HP & WHATSAPP

 0812-6660-0643

TELEPON

 (021) 3454426

Jl. Tanah Abang II No.74A, RT.1/RW.5, Petojo Sel, Jakarta Pusat

EMAIL

 info@pskn.co.id

 

Tinggalkan Balasan