Pelatihan Assertive Communication Skill And Handling Difficult People
Bisa jadi sudah beberapa kali Anda ingin mengekspresikan diri Anda secara lebih jelas tetapi merasa tidak bisa?. Komunikasi asertif adalah tentang mengekspresikan perasaan, pikiran, dan keinginan Anda dengan cara yang memungkinkan Anda membela hak Anda tanpa melanggar hak orang lain.
Keterampilan ini bukanlah sesuatu yang kita miliki sejak lahir. Namun, seperti perilaku sosial lainnya, keterampilan komunikasi asertif ini harus dipelajari dan dipraktikkan.
Dalam pelatihan ini, Anda akan memperoleh ide-ide praktis dan teknik terdepan untuk memberi Anda cara-cara fleksibel yang positif untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan Anda yang sulit dan menantang, secara asertif. Fokus praktis lain dari pelatihan ini adalah berurusan dengan orang-orang yang sulit.
Setelah menyelesaikan program ini Anda akan dapat berkomunikasi dengan tenang dan profesional, bahkan dalam situasi stres dan emosional, dan untuk berdiri dan dengan penuh hormat berbicara dan didengar dalam semua situasi (termasuk dalam situasi sulit sekalipun), dengan siapa pun, di mana saja, kapan saja.
Sasaran Pelatihan Assertive Communication Skill And Handling Difficult People
Para pimpinan, manager, supervisor dan karyawan, serta personil lainnya yang ingin meningkatkan ketrampilan dan kemampuan dalam komunikasi asertif dan handling difficult people secara efektif.
Metode Pelatihan Assertive Communication Skill And Handling Difficult People
Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa metodologi pembelajaran, antara lain :
- Secara Online Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi secara online training,
- Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion.
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
- Secara Offline Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi di dalam ruangan/kelas,
- Dengan dukungan multimedia, games & simulation/role-play,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion.
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
Materi Pelatihan Assertive Communication Skill And Handling Difficult People
Pokok bahasan pelatihan ini meliputi:
- Introduction to assertiveness
- How we communicate
- Defining assertive behavior
- Assertive and non assertive behavior
- Self awareness
- Self esteem
- Submission, aggressive, and assertive behavior
- Behavioral styles
- Self perception
- How others see us
- Delegation
- How to delegate effectively
- Why we do not delegate enough
- Mistakes in delegation
- Techniques to use
- Basic steps to assertiveness
- Assertive statements
- Setting goals
- Giving feedback
- Self disclosure
- Saying “no”
- Barriers to assertiveness
- Controlling fear
- Coping with criticism
- Building confidence
- Setting goals
- Identifying personal effectiveness
- Tecniques for staying calm
- Assertive communication
- Communication skills
- Vocal and verbal
- Non-verbal communication
- Handling conflict
- Conflict causes
- Understanding difference
- Positive conflict
- Handling conflict
- Hurting and helping responses to conflict
- Conflict flow
- Negotiating
- Successful negotiating
- Negotiating tactics
- Characteristics of effective negotiators
- Approaches to negotiating
- Avoiding win-lose mindset
- Making concessions
- Closing a negotiation
Output Pelatihan Assertive Communication Skill And Handling Difficult People
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan :
- Dapat memahami secara lebih baik tentang sifat dan nilai sebenarnya dari perilaku dan komunikasi yang asertif.
- Mengetahui bagaimana kelemahan ketegasan pada diri Anda sendiri, yang bisa jadi Anda tidak menyadarinya.
- Memiliki kemampuan cara berkomunikasi dengan tegas, tanpa menimbulkan konflik yang tidak perlu dalam hubungan kerja dan pribadi Anda.
- Mendapatkan keterampilan tentang ketegasan khusus yang dapat membantu Anda menghadapi kritik dan memperoleh informasi yang jujur dan berharga, yang dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan Anda dengan orang lain, termasuk orang yang sulit sekalipun.
NARASUMBER / PEMATERI:
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “Pelatihan Assertive Communication Skill And Handling Difficult People” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: