Pelatihan Project Management & Project Risk Management Di Era Digital 4.0
Setelah Business Plan ataupun Bisnis Development Plan setujui manajemen dan stakeholder terkait, terdapat kecenderungan implementasi dari rencana pengembangan bisnis tersebut terlebih dahulu dilakukan sebagai suatu proyek, yang sering disebut dengan proyek implementasi.
Dalam pelaksanaannya proyek implementasi tersebut perlu dimanage dan dijalankan dengan baik, agar dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari berbagai risiko proyek, serta tujuan pengembangan bisnis yang telah direncanakan dapat tercapai. Hal ini juga mengingat bahwa proyek implementasi tersebut akan menjadi tolok ukur keberhasilan atas rencana tindak lanjut pengembangan bisnis. Terlebih lagi bagi rencana pengembangan bisnis di bidang real estate dan properti yang akan menggunakan dana investasi yang besar, maka sudah dapat dipastikan bahwa manajemen perusahaan dan atau investor tidak ingin rugi, tentunya menginginkan pengembangan bisnis yang direncanakan tersebut dapat memberikan keuntungan.
Kebutuhan perusahaan akan fungsi manajemen proyek dan pengendalian risiko proyek dalam mendukung kegiatan pengembangan bisnis perusahaan ke arah yang bersifat strategis tidak dapat dipandang dengan sebelah mata. Hal ini disebabkan adanya berbagai alasan, antara lain semakin pendeknya kompresi daur hidup produk, tingginya tingkat kompetisi, dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang kesemuanya ini dapat menyebabkan semakin meningkatnya kompleksitas aktivitas proyek, serta adanya tuntutan tata kelola penyelenggaraan bisnis yang Good Corporate Governance (GCG).
Disini terlihat bahwa manajemen proyek dan pengendalian risiko proyek sangat penting adanya dan perlu dipahami secara mendalam oleh para karyawan, terutama yang akan menjalankan proyek tersebut atau yang karyawan terkait lainnya.
Sebagai langkah pemberian pemahaman komprehensif kepada karyawan tersebut dapat dilakukan melalui keikut-sertaannya dalam pelatihan sebagaimana yang akan kami selenggarakan ini. Di dalam pelatihan ini akan dibahas secara komprehensif mengenai manajemen proyek dan pengendalian risiko proyek secara praktis dan efektif, sehingga akan sangat mudah diikuti dan dipahami oleh para peserta, serta mendukung ke arah pengelolaan proyek yang menguntungkan dan dijalankan secara baik dan benar sesuai dengan tuntutan Good Corporate Governance (GCG).
Tujuan Pelatihan Project Management & Project Risk Management Di Era Digital 4.0
Melalui pelatihan ini peserta akan:
- Mampu memahami apa itu manajemen proyek dan manajemen risiko proyek.
- Mampu memahami pentingnya pengelolaan proyek dan pengendalian risiko proyek di bisnis real estate dan properti secara efektif.
- Mampu memahami berbagai aturan dan ketentuan dalam proses pengadaan barang dan jasa proyek, termasuk teknik penilaian dan kriteria pemilihan vendor.
- Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang didapat ke dalam implementasi proyek pengembangan bisnis di bidang real estate dan properti, sebagai pendukung pencapaian tujuan perusahaan.
Sasaran Pelatihan Project Management & Project Risk Management Di Era Digital 4.0
Pelatihan ini sangat cocok bagi para karyawan/staf perusahaan yang saat ini dan atau akan melaksanakan tugas pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen proyek dan manajemen risiko, termasuk juga para karyawan lainnya, yang membutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang Effective Project Management and Project Risk Management.
Metode Pelatihan Project Management & Project Risk Management Di Era Digital 4.0
Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :
- Secara Online Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi secara online training,
- Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion mengenai Project Management and Project Risk Management .
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
- Secara Offline Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi di dalam ruangan/kelas,
- Dengan dukungan multimedia, games & simulation/role-play,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion mengenai Project Management and Project Risk Management .
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
Materi Pelatihan Project Management & Project Risk Management Di Era Digital 4.0
Materi bahasan dalam pelatihan ini meliputi:
Hari ke-1:
- Konsep Proyek.
- Definisi proyek
- Sasaran dan kendala proyek
- Siklus proyek .
- Manajemen Proyek;
- Pengertian manajemen proyek
- Pentingnya manajemen proyek
- Pendekatan dalam manajemen proyek
- Organisasi proyek
- Analisa kelayakan proyek.
- Tahap Konsepsi; Inisiasi & Analisis Kelayakan Proyek
- Konsepsi Proyek
- Inisiasi Proyek
- Pendefinisian pekerjaan
- Grup Proses & Knowledge Area
- Pembuatan Proposal Proposal
- Pemilihan Proposal Proposal
- Negosiasi Kontrak
- Analisis Kelayakan Proyek
- Pengertian Studi Kelayakan
- Faktor yang Mempengaruhi Intensitas Studi Kelayakan
- Manfaat Studi Kelayakan
- Tahapan Penyusunan Studi Kelayakan Proyek
- Lembaga-Lembaga yang Memerlukan Studi Kelayakan Proyek
- Aspek-Aspek Kajian dalam Studi Kelayakan Proyek
- Tahap Perencanaan Proyek;
- Penyiapan rencana Proyek secara detail
- Penentuan spesifikasi Proyek secara rinci
- Penyusunan Ruang Lingkup Proyek
- Penyusunan Kegiatan & Jadwal pelaksanaan kegiatan proyek
- Membuat Prakiraan Sumber Daya Proyek
- Perhitungan waktu penyelesaian proyek
- Critical Path Method (CPM)
- Program Evaluation and Review Technique (PERT)
- Precedence Diagram Method (PDM)
- Mempercepat waktu penyelesaian proyek
- Estimasi Biaya dan Penganggaran Proyek;
- Jenis dan Sumber Informasi Estimasi Biaya
- Tahapan penyusunan anggaran biaya proyek
- Elemen-elemen biaya proyek
- Perencanaan Mutu
- Perencanaan Sumber Daya
- Perencanaan Manajemen Risiko
- Perencanaan Pengadaan
- Menyusun dan menghitung anggaran biaya proyek
- Tahap Eksekusi dan Operasi Proyek;
- Pembuatan Desain Proyek ; Penterjemahan spesifikasi ke dalam maket, diagram dan skema
- Pengadaan fasilitas pendukung dan material
- Melaksanakan Produksi dan Implementasi (+ 4DX Implementation of Execution)
- Faktor Penentu Keberhasilan Eksekusi Proyek
- Mengelola Pelaksanaan Proyek
- Manajer Proyek: Skill yang dibutuhkan, Tugas & Tanggung jawab
- Kompetensi Manajer Proyek
Hari ke-2:
- Risiko dan Manajemen Risiko Proyek
- Definisi Risiko dan Manajemen Risiko
- Pentingnya Manajemen Risiko
- Hubungan risiko dengan tujuan perusahaan
- Identifikasi dan pengukuran risiko;
- Jenis dan kategorisasi risiko
- Cara mengidentifikasi risiko
- Penilaian, analisis dan evaluasi risiko
- Teknik yang diperlukan dalam mengelola dan mitigasi risiko proyek;
- Konsekuensi atas risiko yang mungkin timbul akibat keputusan yang diambil.
- Mengembangkan strategi yang sesuai untuk risiko yang telah diidentifikasi dalam hal adanya ketidakpastian.
- Pengendalian Proyek;
- Pengertian pengendalian proyek
- Manfaat pengendalian proyek
- Unsur yang diperlukan agar sistem pengendalian efektif
- Proses pengendalian proyek
- Metode pengendalian proyek
- Evaluasi, Pelaporan Penyelesaian Proyek, Audit, dan Pembelajaran Proyek
- Evaluasi Proyek
- Pelaporan Penyelesaian Proyek
- Audit dan Pembelajaran Proyek (terkait ISO 90001 dan ISO 19011)
- Studi Kasus/Simulasi/Role Play.
NARASUMBER / PEMATERI:
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “Pelatihan Project Management & Project Risk Management Di Era Digital 4.0” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: