PELATIHAN PERUSAHAAN, PELATIHAN PERUSAHAAN DAN INDUSTRI

Pelatihan Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient (EQ)

Pelatihan Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient (EQ)

Pelatihan Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient (EQ)

Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai suatu sumber daya yang mampu mengubah sumber daya lainnya menjadi kenyataan, memiliki karakteristik tersendiri. Salah satu karakteristik SDM yang spesifik adalah dapat menjadi subyek atau pelaksana kegiatan. Sumber daya manusia tidak hanya sebagai input yang menjadi obyek suatu kegiatan, tetapi juga sebagai input yang ikut memperoses obyek lainnya.

Emotional Intelligence (EI)/Emotional Quotient (EQ) atau kecerdasan emosional yang didefinisikan sebagai kemampuan memahami, mengendalikan, dan mengevaluasi emosi. Emotional Intelligence memiliki andil yang sangat tinggi dalam menentukan keberhasilan / prestasi seorang. Oleh karenanya, dalam dunia organisasi / bisnis kemampuan mengelola Emotional Intelligence dengan baik sangat diperlukan oleh para pemimpin / personil di dalamnya, guna menciptakan nilai tambah yang berupa peningkatan kinerja, kepemimpinan efektif, kerjasama yang baik, peningkatan motivasi diri serta inovasi, time management dan sumber daya secara efektif.

Training dan Bintek dilakukan untuk mewujudkan karyawan perusahaan/anggota organisasi/instansi agar memiliki kompetensi (kemampuan dan keterampilan pengendalian emosional dalam sikap perilaku yang diperlukan pada pelaksanaan tugasnya) dengan baik dan profesional.

Program pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta agar dapat memanfaatkan Kecerdasan Emosional secara baik dan profesional. Dengan harapan setelah mengikuti pelatihan tersebut para peserta dapat mendeskripsikan pentingnya kecerdasan emosional sebagai suatu sarana motivasi dalam melaksanakan tugas, mampu memanfaatkan kecerdasan emosional secara optimal, memahami peranan EQ dalam pembentukan Self Control and Self Confidence, Interpersonal Skill, serta Social Competence, baik secara individu maupun dalam tatanan perusahaan/organisasi/instansi, memahami bahwa EI dapat dimanfaatkan sebagai pembentuk integritas anggota organisasi/karyawan perusahaan/instansi, serta mengetahui keterkaitan dan fungsi EI/EQ dan Motivasi sebagai pendorong kesuksesan dan kepuasan kerja karyawan.

Sasaran Pelatihan Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient (EQ)

Pelatihan ini sangat cocok untuk diikuti oleh para Pimpinan, Manajer dan Karyawan/Anggota Organisasi/Perusahaan/Instansi yang memiliki tanggung jawab dalam pengendalian kinerja secara professional dan kepemimpinan yang efektif.

Metode Pelatihan Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient (EQ)

Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :

  1. Secara Online Training, dilakukan :
  • Penyajian/penyampaian materi secara online training,
  • Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
  • Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case study & discussion.
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
  1. Secara Offline Training, dilakukan :
  • Penyajian/penyampaian materi di dalam ruangan/kelas,
  • Dengan dukungan multimedia, gamessimulation/role-play,
  • Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case study & discussion.
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.

Materi Pelatihan Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient (EQ)

Materi bahasan pada pelatihan ini, meliputi:

  1. Pengertian kecerdasan emosional (EI)
  • Ruang lingkup Emotional Intelligence
  • Emosi dasar setiap manusia.
  1. Peranan kecerdasan emosional dalam kepemimpinan,
  • Teknik Emotional Intelligence (EI) untuk menjadi profesional/pemimpin yang efektif.
  1. Peranan EI dalam pembentukan Self Control and Self Confidence, Interpersonal Skill, serta Social Competence.
  • Pengelolaan emosi : mengenali, memahami faktor penyebab dan pengelolaannya.
  • Teknik menumbuhkan dan membangun Self Control and Self Confidence
  • Penerapan kecerdasan emosional.
  1. Kecerdasan emosi sebagai pembentuk integritas anggota organisasi.
  • Teknik menyerap nilai-nilai positif guna peningkatan kualitas diri untuk semua aspek kehidupan.
  • Memanfaatkan nilai-nilai positif untuk meningkatkan interaksi.
  1. Perencanaan pengembangan diri yang seimbang antara:
  • IQ dan EQ,
  • SQ, Adversity Intelligence, dll
  1. EI dan Motivasi sebagai pendorong kesuksesan dan kepuasan kerja.
  • Pengelolaan emosi terkait dengan kinerja dan produktivitas diri
  • Games & Role Play

NARASUMBER / PEMATERI:

KANAIDI, SE., M.Si., cSAP

Pelatihan Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient (EQ)

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan  narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “Pelatihan Emotional Intelligence (EI) atau Emotional Quotient (EQ)” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

HP & WHATSAPP

 0812-6660-0643

TELEPON

 (021) 3454426

Jl. Tanah Abang II No.74A, RT.1/RW.5, Petojo Sel, Jakarta Pusat

EMAIL

 info@pskn.co.id

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan