PELATIHAN PERUSAHAAN

PELATIHAN BUSINESS CORRESPONDENCE SKILL DI ERA DIGITALl 4.0 DAN GENERASI MILLENNIAL

PELATIHAN BUSINESS CORRESPONDENCE SKILL DI ERA DIGITALl 4.0 DAN GENERASI MILLENNIAL

PELATIHAN BUSINESS CORRESPONDENCE SKILL DI ERA DIGITALl 4.0 DAN GENERASI MILLENNIAL

PSKN BUSINESS CORRESPONDENCE SKILL

Correspondence merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis atau aktivitas perusahaan dan interaksinya, termasuk bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan pelayanan, seperti Bank, Restauran, Rumah Sakit, dll.

Korespondensi bisnis ini mencakup berbagai aktivitas yang berhubungan dengan fungsi pengelolaan administrasi dan surat-menyurat secara efektif. Aktivitas korespondensi tertulis ini dapat terjadi di internal maupun eksternal perusahaan. Korespondensi internal merupakan salah satu bentuk komunikasi tertulis yang bersifat internal, yang terjadinya di dalam sebuah organisasi atau perusahaan dan hanya melibatkan  anggota dari organisasi atau perusahaan tersebut, baik dilakukan secara vertikal maupun horizontal. Korespondensi eksternal merupakan salah satu bentuk komunikasi tertulis yang ditujukan kepada pihak eksternal organisasi atau perusahaan dan melibatkan  pihak lain di luar organisasi atau perusahaan tersebut.

Di era digital 4.0 saat ini, terdapat sedemikian banyak variasi sarana korespondensi yang dapat dimanfaatkan, dengan berbagai karakteristiknya masing-masing yang perlu dipahami oleh setiap karyawan, terlebih lagi dengan banyaknya para karyawan yang berasal dari generasi millennial saat ini.

Dengan kemampuan berkorespondensi tertulis efektif yang baik dan elegan, pesan yang ingin disampaikan juga dapat diterima dengan baik dan benar oleh penerima pesan, sehingga respon yang didapat pun terhindar dari kesalahpahaman dan salah pengertian.

Suatu keunggulan yang luar biasa dan akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi organisasi atau perusahaan, bila para karyawan mampu memahami dengan baik  dan benar tentang cara berkorespondensi dan keakuratan dalam pemilihan sarana korespondensi yang efektif, guna mendukung kemajuan dan peningkatan kinerja, kecepatan arus informasi untuk mempermudah manajemen bisnis dalam pengambilan keputusan, serta kesuksesan dalam pencapaian tujuan  perusahaan di era digital ini.

PELATIHAN BUSINESS CORRESPONDENCE SKILL DI ERA DIGITALl 4.0 DAN GENERASI MILLENNIALMAKSUD PELATIHAN

Pelatihan Business Correspondence Skill  ini akan membekali para peserta dengan :

  • Kemampuan memahami karakteristik dari masing-masing sarana korespondensi bisnis, yang sinkron dengan upaya pencapaian tujuan perusahaan di era digital.
  • Kemampuan untuk memilih media/sarana korespondensi yang tepat dalam penyampaian pesan bisnis, yang dapat mendukung kemajuan dan peningkatan kinerja, serta kesuksesan usaha pencapaian tujuan perusahaan.
  • Di samping itu, pelatihan ini juga akan membahas secara mendalam mengenai cara cara berkorespondensi yang baik dan benar, yang dapat memberikan motivasi berprestasi bagi para karyawan, sebagai stimulus dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas individu maupun kelompok di dalam perusahaan, serta kecepatan arus informasi pengambilan keputusan manajemen.

TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan dapat:

  • Memahami konsep Komunikasi dan proses Komunikasi Tertulis.
  • Mampu memahami penting Correspondence skill dalam pembentukan Self Confidence, Self Control dan Interpersonal Skill.
  • Memahami peranan Positive Thinking & Sikap Positif dalam berkorespondensi guna menciptakan hasil penyampaian pesan terbaik.
  • Mengetahui upaya pencapaian High Performance in Correspondence.
  • Mampu mengindentifukasi jenis media/sarana korespondensi dalam penyampaian pesan bisnis tertulis.
  • Merencanakan pesan dalam korespondensi bisnis secara tertulis
  • Mengenali tipe pembaca dan kesalahan umum yang sering terjadi dalam penentuan tipe pembaca.

METODE PELATIHAN

Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :

  1. Secara Online Training, dilakukan :
  • Penyajian/penyampaian materi secara online training,
  • Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
  • Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case study & discussion.
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
  1. Secara Offline Training, dilakukan :
  • Penyajian/penyampaian materi di dalam ruangan/kelas,
  • Dengan dukungan multimedia, gamessimulation/role-play,
  • Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model  case study & discussion.
  • Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.

SASARAN PESERTA

Pelatihan ini diperuntukakn bagi para Manajer, Supervisor, dan para karyawan, serta personil lainnya yang akan mendalami tentang cara yang efektif dalam melakukan korespondensi yang akurat dan memotivasi, guna tercapainya tujuan perusahaan di era digital dan generasi millennial.

MATERI PELATIHAN

Materi bahasan pada pelatihan ini, meliputi:

  1. Pemahaman konsep dan proses Komunikasi Tertulis.
  2. Arti penting Correspondence skill dalam pembentukan Self Confidence, Self Control dan Interpersonal Skill.
  3. Pemanfaatan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotients/EQ) dalam korespondensi.
  4. Peranan Positive Thinking & Sikap Positif dalam berkorespondensi guna menciptakan hasil penyampaian pesan terbaik dalam pelayanan.
  5. Upaya Pencapaian High Performance in Correspondence.
  6. Case Study
  1. Pemahaman mengenai beberapa prinsip atau kriteria korespondensi bisnis secara tertulis yang baik, yang perlu dipenuhi, antara lain: lengkap, ringkas, konkrit, jelas, sopan, dan akurat, agar pihak yang terlibat dapat memanfaatkan korespondensi tersebut secara optimal.
  2. Jenis media/sarana korespondensi dalam penyampaian pesan bisnis tertulis.
  3. Perencanaan pesan dalam korespondensi bisnis secara tertulis
  • Komposisi perencanaan pesan bisnis tertulis yang cermat.
  • Ide pokok dalam pesan korespondensi bisnis secara
  1. Teknik penulisan korespondensi surat-surat bisnis yang efektif
  • Jenis dan karakteristik surat-surat bisnis, termasuk email.
  • Cara penulisan surat-surat bisnis
  • Teknik penulisan memo dan email dalam kegiatan bisnis.
  • Teknik penyusunan klausul isi kontrak dalam kegiatan bisnis.
  1. Teknik mengenali tipe pembaca dan kesalahan umum yang sering terjadi dalam penentuan tipe pembaca.
  2. Case Study/Simulation, Role Play & Games

NARASUMBER / PEMATERI:

KANAIDI, SE., M.Si., cSAP

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan  narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “PELATIHAN BUSINESS CORRESPONDENCE SKILL DI ERA DIGITALl 4.0 DAN GENERASI MILLENNIAL” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

HP & WHATSAPP

 0812-6660-0643

TELEPON

 (021) 3454426

Jl. Tanah Abang II No.74A, RT.1/RW.5, Petojo Sel, Jakarta Pusat

EMAIL

 info@pskn.co.id

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan