PELATIHAN PUBLIC RELATION DAN PROTOCOLER
Public Relation (PR) atau Kehumasan merupakan fungsi pokok untuk membangun citra dan image organisasi/institusi/perusahaan yang baik, produktif, dan humanis di mata masyarakat luas. Fungsi PR atau kehumasan secara mendasar adalah membangun komunikasi yang baik di dalam suatu organisasi sehingga semua kegiatan dalam organisasi/institusi/perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya.
PR akan berhubungan langsung dengan keberhasilan dan efektifitas hubungan antara organisasi/institusi/perusahaan dengan pihak lainnya. Seorang Corporate PR perlu memiliki pola pikir (mindset) yang baik dan benar tentang bagaimana membangun citra perusahaan melalui program-program PR, membina hubungan dengan pemerintah dan media massa untuk membentuk opini publik.
Terlebih di Era Digital 4.0 saat ini, Profesional PR akan sangat terbantu dalam menjalan aktivitas kehumasannya, yaitu dengan tersedianya berbagai media digital (termasuk media sosial) yang dapat dimanfaatkan untuk : menjangkau area yang lebih luas, dengan biaya yang jauh lebih efisien, content info yang soft-selling, dan dapat diterima audiens secara real time.
Sedangkan protokoler, secara umum merupakan fungsi yang dilakukan seorang yang terpercaya dalam mempersiapkan, mengatur dan mengelola serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan acara, yang memiliki tata acara, urut-urutan acara, tata tempat, dan etika penghormatan tertentu. Dalam pelaksanaan tugasnya, protokoler sangat berperan dalam mensukseskan suatu kegiatan/acara yang dilaksanakan. Protokoler mempersiapkan dan mengelola kegiatan/acara agar berjalan baik dan lancar demi menjaga kridebilitas dan citra organisasi/institusi/perusahaan.
Dalam aktivitas protokoler juga melibatkan seorang Master Ceremonial (MC), yang bertugas untuk menjamin suksesnya membawakan sebuah kegiatan atau acara. Agar dapat memandu dan membawakan suatu event atau acara, seorang Master of Ceremonial (MC) selain harus memahami tanggungjawab dan tugasnya, juga harus memiliki ketrampilan dalam entertaining, berpenampilan, komunikasi, dan bahasa tubuh yang menarik, mampu menguasai audience, serta memiliki kemampuan mengatasi blocking situation terhadap audience yang tidak supportive.
Pelatihan ini akan membahas secara komprehensif bersama para peserta seputar seluk beluk permasalahan kehumasan dan mencari solusi yang terbaik, serta pembahasan yang menarik guna memberikan strategi protokoler secara efektif, untuk meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugasnya, agar semua kegiatan dan acara yang telah rencana dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Di samping itu akan ditekankan juga tentang bagaimana menjadi seorang Master of Ceremonial (MC) atau Protokoler yang handal.
Pelatihan ini sangat cocok diikuti oleh para praktisi kehumasan (corporate PR) dan sekretaris perusahaan (corporate secretary) yang berkeinginan mengembangkan kompetensinya dalam PR Management mutakhir, serta personil lainnya yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Kehumasan, Protokoler dan MC yang profesional di Era Digital 4.0 ini.
TUJUAN PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta memiliki keterampilan, berupa:
- Mampu melaksanakan pemberitaan, mengumpulkan dan menganalisa informasi untuk bahan kebijakan pimpinan, melakukan perekaman, penyajian data, dan mengatur keprotokoleran kegiatan pimpinan.
- Mampu melakukan koordinasi dengan unit kerja atau instansi yang terkait dengan bidang tugasnya.
- Mampu menginventaris permasalahan-permasalahan yang timbul.
- Mampu memberikan informasi yang prima bagi masyarakat melalui pemanfaatan media digital (termasuk Media Sosial) secara efektif.
- Mampu melaksanakan usaha-usaha untuk peningkatan hasil dokumentasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.
- Mampu melaksanakan tugas protokoler sesuai dengan jenis kegiatan/acara.
- Mampu memahami dan melaksanakan peran seorang Master of Ceremonial (MC) yang handal dan profesional pada berbagai jenis acara.
METODE PELATIHAN
Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :
- Secara Online Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi secara online training,
- Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion.
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
- Secara Offline Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi di dalam ruangan/kelas,
- Dengan dukungan multimedia, games & simulation/role-play,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion.
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
MATERI PELATIHAN
- Komunikasi Bisnis yang Efektif di Era Digital 4.0.
- New paradigm and role of public relation management.
- Managing public opinion oriented to positive company image.
- Managing relationship with government and media.
- Crisis planning as an essential part of your business’s PR.
- Preparing a public relation management program.
- Peranan PR di Era Digital 4.0
- Tools of Digital Media (and Social Media) as the efective supporting in PR Activities.
- Protokoler dan Teknik menyusun rundown acara.
- Peranan koordinasi bagi Protokoler dan Master of Ceremonial (MC).
- Tugas dan tanggung jawab Protokoler dan Master of Ceremonial (MC).
- Ketrampilan Public Speaking dan Body language sebagai Master of Ceremonial (MC).
- Case study/Simulation/Role play & Games
NARASUMBER / PEMATERI:
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “PELATIHAN PUBLIC RELATION DAN PROTOCOLER” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: