PELATIHAN REPORT WRITING SKILL
Laporan tertulis yang merupakan salah satu bentuk komunikasi digunakan sebagai dasar perencanaan, pengaturan tugas, menggerakkan sumber daya, pengendalian, dan pengawasan, serta dapat membantu terciptanya kecepatan arus informasi yang akan mempermudah manajemen dalam pengambilan keputusan. Sebagai alat komunikasi dan informasi, isi laporan harus singkat, jelas, berkesinambungan, dan lengkap, agar semua pihak yang terlibat dapat memanfaatkan laporan tersebut secara optimal.
Begitu juga dengan laporan tertulis (Report Writing) yang dibuat harus memenuhi kriteria tertentu. Dengan penulisan dan penyajian laporan yang baik, diharapkan dapat secara efisien dan efektif membantu pihak-pihak yang berkepentingan dalam menjalankan operasionalnya dan menyusun kegiatan lanjutan, yang antara lain melakukan perbaikan serta pengembangan proses bisnis di Perusahaan pada tahun-tahun berikutnya.
Kemampuan dan pengetahuan untuk menyusun suatu laporan tertulis yang efektif ini sangat dibutuhkan, termasuk kemampuan dan pengetahuan dalam menyusun fakta menjadi informasi yang logis dan jelas, merangkum inti masalah tanpa menghilangkan maknanya, serta menyeleksi informasi untuk kemudian disusun sebagai suatu laporan tertulis yang menarik untuk dibaca. Ini merupakan hal yang sangatlah esensial, mengingat penulisan laporan memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. Kesemuanya itu akan dibahas secara komprehensif dalam pelatihan ini. Di samping itu, dalam pelatihan ini juga akan dibahas prinsip-prinsip penulisan laporan dan cara penerapannya, teknik pembuatan resume (excecutive summary) laporan yang dapat mengungkapkan substansi/maksud/sasaran laporan dengan tepat, serta teknik presentasi yang meyakinkan kepada manajemen atas laporan tertulis.
Teknik menulis laporan yang efektif hanya dapat diperoleh melalui praktek. Namun Semakin sering seorang staff menulis laporan baik laporan regular atau laporan pekerjaan lainnya, belum tentu menjamin laporan dapat diberikan secara efektif. Terdapat berbagai metode dan cara dalam menulis laporan yang efektif untuk manajerial.
Terlebih lagi di era Digital dan Revolusi Industri 4.0 ini, tantangan dalam penyusunan laporan tertulis. Hal ini mengingat infrastruktur digital membutuhkan tenaga kerja trampil, disamping penggunaan robot, teknologi pabrik, dan artificial intellegence sebagai pendamping manusia.
Laporan yang baik akan mencerminkan kinerja yang bersangkutan dan tentunya juga akan berpengaruh pada pengembangan karirnya di masa datang baik di perusahaan tempat kita bekerja ataupun di instansi lainnya. Laporan yang baik harus ringkas, jelas, obyektif, dan tepat sesuai dengan tujuannya. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai teknik penulisan laporan ini menjadi penting untuk dipelajari oleh setiap karyawan. Bagi eksekutif, pengelolaan waktu untuk menyusun laporan yang efektif akan menciptakan banyak waktu, sehingga bisa dimanfaatkan secara efektif untuk menyusun konsep, merencanakan, dan memecahkan masalah dengan lebih tepat sasaran dan kreatif.
TUJUAN DAN MANFAAT PELATIHAN
Setelah mengikuti Pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman untuk:
- Menyusun laporan tertulis secara efektif dan efisien.
- Menyusun fakta ke dalam informasi yang logis, jelas dan bermanfaat.
- Mampu mengenali tipe pembaca laporan.
- Merangkum inti masalah tanpa menghilangkan maknanya.
- Membantu pembaca memahami pokok masalah, sehingga mampu mengambil keputusan efektif.
SASARAN PESERTA
Peserta yang disarankan adalah karyawan/staf perusahaan yang pekerjaannya berhubungan dengan penyiapan dan penulisan laporan , termasuk pimpinan/karyawan lain yang ditunjuk oleh Perusahaan, yang membutuhkan pengetahuan seputar Pelatihan Report Writing Skill
METODE PELATIHAN
Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :
- Secara Online Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi secara online training,
- Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion.
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
- Secara Offline Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi di dalam ruangan/kelas,
- Dengan dukungan multimedia, games & simulation/role-play,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion.
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
MATERI PELATIHAN
Berikut adalah ringkasan materi pelatihan Effective Report Writing Skill :
- Konsep dasar pelaporan tertulis
- Pengertian laporan tertulis.
- Penetapan lingkup laporan.
- Pertimbangan pembaca laporan.
- Penentuan apa tujuan penulisan laporan.
- Pemahaman tentang struktur penulisan laporan.
2. Mengenal jenis laporan manajerial.
- Mengenali jenis laporan.
- Memahami peranan, manfaat, dan fungsi laporan tertulis.
3. Teknik mengenali tipe pembaca laporan.
- Sasaran pembaca: pembaca teknikal dan non teknikal
- Kesalahan umum yang sering terjadi dalam penulisan laporan.
4. Strategi persiapan sebelum membuat laporan
- Memahami tentang apa yang akan dilaporkan, mengapa hal itu harus dilaporkan, kapan laporan akan disampaikan.
- Mengetahui data apa yang penting, baik sebagai data utama maupun data pendukung.
- Memahami kejelasan latar belakang dan masalah laporan, tujuan laporan, target waktu laporan, data yang relevan untuk disajikan, dan sumber-sumber data.
5. Strategi perencanaan laporan
- Tahap-tahap penulisan Laporan (Initial Planning, Detailed Planning, Writing Phase).
- Persiapan outline detail.
- Pembuatan writing assignments kepada anggota tim dari berbagai disiplin.
6.Strategi pembuatan laporan yang baik dari angle yang tepat agar laporan menjadi efektif dan menarik untuk dibaca.
- Prinsip dan syarat-syarat penulisan laporan.
- Memahami sistematika dan penentuan metodologi dalam penulisan.
- Penetapan dan seleksi data dan informasi yang dapat digunakan dalam laporan, serta analisisnya.
- Penggunaan kata, kalimat, dan paragraph yang memiliki kontribusi yang jelas pada tujuan laporan
- Penggunaan bahasa yang sederhana, kongkrit dan mudah dipahami.
7. Teknik pembuatan resume (excecutive summary/abstact) laporan sehingga dapat mengungkapkan substansi / maksud / sasaran laporan dengan tepat.
- Memahami penentuan : The main task, The methods used, The conclusions reached, The recommendations made.
8. Etika dalam menyusun laporan, terkait dengan era Digital dan Revolusi Industri 4.0
- Misstate (kecenderungan untuk melakukan salah saji dalam laporan).
- Disclosure (Pengungkapan Laporan).
- Cost & Benefit (beban atas dilakukannya pengungkapan).
- Responsibility (tanggung jawab dalam penyajian laporan yang informatif bagi penggunanya).
9. Redrafting and Checking atas laporan tertulis yang telah disusun.
10. Teknik presentasi kepada manajemen
- Perencanaan dan Persiapan Presentasi yang Effektif
- Membuat visual audio yang menunjang isi dan tujuan presentasi
- Penyajian Presentasi yang Komunikatif:
- Membangun rasa percaya diri dalam presentasi.
- Pembukaan yang impresif dan menarik.
- Penyampaian isi presentasi yang sistematis dan efektif.
- Teknik menutup/mengakhiri presentasi yang mengesankan
11. Studi kasus
12. Praktek membuat laporan tertulis dan bahan presentasi.
NARASUMBER / PEMATERI:
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “PELATIHAN REPORT WRITING SKILL” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: