PELATIHAN PERUSAHAAN, PELATIHAN PERUSAHAAN DAN INDUSTRI

Training Continuous Improvement (Kaizen)

Training Continuous Improvement (Kaizen)

Training Continuous Improvement (Kaizen)

Kaizen merupakan filosofi dan budaya yang berasal dari masyarakat Jepang berupa suatu cara berpikir untuk perbaikan dan kemajuan secara terus menerus dalam kehidupan seseorang, keluarga, masyarakat atau lingkungan pekerjaan. Kaizen dikenal juga dengan nama Continuous Improvement atau perbaikan/peningkatan yang dilakukan secara terus menerus. Banyak perusahaan di dunia telah berhasil menggunakan prinsip-prinsip kaizen untuk mendorong perbaikan di semua lini proses. Konsep kaizen atau Continuous Improvement juga sering diarahkan oleh pimpinan-pimpinan dalam organisasi. Namun demikian, dukungan legal terhadap perubahan secara terus menerus di lingkungan organisasi hendaknya diikuti dengan disusunnya pedoman standar pembuatan perubahan atau inovasi. Dengan adanya pedoman tersebut diharapkan terciptanya inovasi-inovasi yang terstandar dan berdasarkan research-based innovation.

Dalam memaksimalkan penerapkan kaizen, perlu dipahami bahwa diperlukan sebuah pendekatan metode yang terstruktur dan sistematis agar tercipta sebuah improvement atau inovasi yang optimal. Metode yang dapat digunakan yaitu Plan, Do, Check, Action (PDCA). PDCA ini sebagai sarana menjamin terlaksananya kesinambungan dari kaizen, serta menerapkan standarisasi guna mencapai kestabilan proses dan berkaitan dengan pemeliharaan, sehingga memudahkan pembuat inovasi untuk membaca, memahami dan memantau progres inovasi tersebut dan juga memudahkan bagi orang awam atau tim analis untuk mempelajari proses pembuatan inovasi tersebut.

Materi Training Continuous Improvement (Kaizen):

  • Definisi dan konsep dasar Kaizen.
  • Sejarah dan perkembangan Kaizen
  • Prinsip-prinsip utama Kaizen seperti perbaikan berkelanjutan, partisipasi karyawan, dan fokus pada pelanggan.
  • Pengenalan kepada alat-alat Kaizen seperti 5S, PDCA (Plan-Do-CheckAct), Gemba Walk, dan Value Stream Mapping.
  • Bagaimana alat-alat ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan.
  • Membangun budaya organisasi yang mendukung Kaizen.
  • Peran pemimpin dalam mendorong Kaizen.
  • Contoh konkret dari organisasi yang telah berhasil menerapkan Kaizen.
  • Pembelajaran dari kesuksesan mereka
  • Evaluasi pelatihan melalui kuesioner dari peserta.
  • Kesempatan untuk pertanyaan dan diskusi akhir.

Training Continuous Improvement (Kaizen)

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan  narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan Inhouse Training dengan Tema : “Training Continuous Improvement (Kaizen)” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

HP & WHATSAPP

 0812-6660-0643

TELEPON

 (021) 3454426

Jl. Tanah Abang II No.74A, RT.1/RW.5, Petojo Sel, Jakarta Pusat

EMAIL

 info@pskn.co.id

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan