Pelatihan Knowledge Management (Guna Meningkatkan Keunggulan Bersaing )
Perusahaan besar atau kecil, dengan teknologi tinggi atau tradisional sekarang menyadari benar pentingya investasi di bidang knowledge. Investasi ini yang berupa penciptaan values dari intangible assets of intellectual capital, jika dikelola dengan baik akan menghasilkan return on investment (ROI) yang lebih baik jika dibanding aset fisik
Pelatihan Knowledge Management ini akan menunjukkan bagaimana perusahaan dapat meningkatkan value yang terukur dengan memanfaatkan knowledge management (KM).
Knowledge management ini bisa membantu kepada terciptanya budaya organisasi yang terbiasa mendayagunakan knowledge melalui sharing, reuse, learning, kolaborasi dan inovasi.
Dengan pondasi dari best practices, pelatihan Knowledge Management ini akan mempersiapkan para manajer untuk menjadi pemimpin yang kompeten dalam mengelola pengetahuan.
Pelatihan ini secara khusus akan mengkaitkan antara strategi perusahaan dengan knowledge management. Kepada peserta akan ditunjukkan bagaimana menciptakan budaya yang secara konstan bisa menciptakan knowledge baru.
Pelatihan ini akan mentransformasi topik dan konsep dalam knowledge management menjadi gagasan yang konkrit dan mudah diterapkan begitu peserta kembali ke tempat bekerjanya.
Melalui berbagai contoh dari best practices, pelatihan ini akan menunjukkan:
- Adanya alasan yang kuat bagi bisnis untuk investasi waktu dan biaya dalam knowledge management.
- Bagaimana mengembangkan gaya manajemen yang berdasar pada budaya yang mengedepankan trust, inovasi dan respek terhadap pekerja berbasis pengetahuan (knowledge workers).
- Bagaimana membuat perusahaan menjadi tempat menarik bagi para knowledge workers sehingga mereka termotivasi untuk berprestasi dan loyal kepada perusahaan.
- Bagaimana mendorong para karyawan untuk mengkontribusikan pengetahuan mereka pada proses manajemen sehingga manajemen menjadi lebih efektif.
- Bagaimana membangun knowledge-creating and knowledge-sharing communities dalam perusahaan.
- Bagaimana meng-capture dan mengkodifikasi existing knowledge dalam perusahaan.
- Bagaimana mendorong continuous innovation sebagai keharusan jika perusahaan ingin sukses yang berkelanjutan.
- Bagaimana membuat customers anda menjadi mitra dalam penciptaan knowledge dan membantu menentukan masa depan perusahaan anda.
- Bagaimana mengimplementasi practical steps dalam knowledge management dan mengukur kinerjanya dalam mencapai tujuan akhir perusahaan yaitu value perusahaan yang lebih tinggi.
Metode Pelatihan Knowledge Management
Agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang diberikan, maka digunakan beberapa aspek metodologi pembelajaran, antara lain :
- Secara Online Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi secara online training,
- Dengan dukungan multimedia dan aplikasi tertentu,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion, yang terkait dengan Mastering Problem &.
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
- Secara Offline Training, dilakukan :
- Penyajian/penyampaian materi di dalam kelas,
- Dengan dukungan multimedia, games & simulation/role-play,
- Membahas, mendiskusikan dan mengevaluasi permasalahan dengan model case study & discussion, yang terkait dengan Mastering Problem &.
- Evaluasi pada akhir pelatihan mencakupkedalaman materi training, manfaat & efektifitas training, serta rekomendasi dari peserta.
Sasaran Pelatihan Knowledge Management
Pelatihan ini ditujukan untuk para pengelola dan calon pengelola knowledge management, serta para karyawan yang berkecimpung di bidang teknologi informasi juga akan mendapat banyak manfaat dengan mempelajari Knowledge Management ini.
Materi Pelatihan Knowledge Management
- The Motivation toward Knowledge Management: Combining the Tactical with the Strategic.
Membahas berbagai aspek taktis dan strategis dari Knowledge Management, dilanjutkan dengan contoh-contoh, termasuk :
- Knowledge Management Definitions.
- Why Is It Important?
- Knowledge Management Types.
- Focus on five tasks for Successful Managing of Knowledge.
- Making the Business Case for Managing Intellectual Capital.
Pada sesi ini akan dibahas bagaimana para manajer bisa menemukan landasan berpikir dan alasan yang kuat dalam investasi di bidang knowledge management. Knowledge management ditujukan untuk menaikkan aset perusahaan dengan menaikkan nilai dari intangible assets (the intellectual capital), meliputi juga :
- Intellectual Capital as the Basic Asset of a Knowledge-Intensive Business.
- A Quantitative Definition of Intellectual Capital.
- Structur of Intellectual Capital.
- Nourishing Intellectual Capital and Creating The Knowledge Culture.
- The Importance of Strategy in Knowledge Management.
Membahas kaitan yang erat antara strategi dan knowledge management. Pembahasan management style yang cocok dengan Knowledge Management juga akan dibahas pada sesi ini. Disamping:
- Knowledge Hirarchi.
- Knowledge Management Life Cycle.
- The Core of Strategic Management.
- Successfully Using Employee Knowledge as a Strategic Input.
- The Role of Culture in a Successful Knowledge – Creating and Knowledge – Sharing Organization.
Membahas karakteristik budaya yang bisa mendukung penerapan Knowledge Management secara efektif, termasuk:
- The Role of Culture and Organization Culture.
- The Organization Culture for Knowledge Management.
- The Moral Aspects of Organizational Culture.
- The Practical Aspects of the Right Organizational Culture.
- Management Style Seek an Employee’s Knowledge.
- Encourage Knowledge Sharing.
- The Human Focus: Understanding and Managing Knowledge Workers.
Mendiskusikan bagaimana suksesnya Knowledge Management terletak pada pengelolaan para knowledge workers – nya. Peserta akan diberikan berbagai tools membuat para knowledge workers termovitasi untuk berkontribusi dan berprestasi meningkatkan Knowledge perusahaan, termasuk:
- The Knowledge Worker (KW) Definition.
- Need a Chief Knowledge Officer in KM system.
- Show Interest in Your Knowledge Workers.
- Special Care of Star Workers.
- Rewarding Knowledge Creation and Sharing.
- Types of Compensation in order to encourage Knowledge Creation and Sharing.
- Managing Interactions for Knowledge Creation and Sharing
Membahas bagaimana knowledge diciptakan dan di-share melalui interaksi sosial. Peserta akan belajar metoda yang bisa membantu terciptanya knowledge – creating and knowledge – sharing communities dalam perusahaan, termasuk:
- The Social Model for Knowledge Creation and Sharing.
- Tacit & Explicit Knowledge
- Communities of Practice (CoPs)—the Basic Instrument of Knowledge Creation and Sharing.
- Enhancing Interactions in Communities of Practice.
- Methods and Techniques for Effective Interactions.
- Capturing and Reusing Knowledge
Membahas metoda untuk capturing and codifying existing knowledge dalam perusahaan, dan membuat knowledge itu tersedia bagi pengguna potensial, meliputi:
- Documenting knowledge efficiently.
- Teaching the Organization What It Knows.
- Learning Through Experience.
- How to Make a Lecture or Workshop Succeed.
- The Customer Focus: Harnessing Customer Knowledge through Meaningful Interactions.
Membahas berbagai kesempatan dan metoda agar customer bisa menjadi mitra dalam penciptaan knowledge, termasuk juga:
- Capture feedback/input from external customers
- Learning from Internal Customers.
- Engaging Customers in Defining Strategy.
- Meaningful Interactions with Customers.
- Measuring and Managing the Performance of Proper Knowledge Work.
Peserta akan belajar berbagai sistem pengukuran yang mengukur efektivitas knowledge management dalam mengelola intangible asset of intellectual capital (IC), termasuk juga:
- Managing the Performance of Proper Knowledge Work.
- The Challenge and Current Practices in KM.
- Focusing on R&D, HR, Bottom line, Process and Customers to Gain Improvements.
- Using the Navigator to Assess the Intellectual Capital of a Co
- Innovating for a New Beginning.
Membahas knowledge creation melalui inovasi. Pada sesi ini peserta akan belajar berbagai teknik yang bisa menciptakan budaya yang mendorong karyawan untuk berinovasi, meliputi juga:
- Innovation as the Essence of Knowledge Organizations.
- Knowledge Management as an Innovation Enabler.
- The Second Generation of Knowledge Management Is Innovation.
NARASUMBER / PEMATERI:
Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kami dari Pusat Studi Konsultasi Nasional (PSKN), Selaku penyelenggara kegiatan serta dukungan narasumber yang berkompoten dibidangnya, Mengudang Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan bimtek nasional dengan Tema : “Pelatihan Knowledge Management (Guna Meningkatkan Keunggulan Bersaing )” untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: